No image available for this title

Text

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI SMA N 1 PADANG SAGO KABUPATEN PADANG PARIAMAN



Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru hanya melaksanakan pembelajaran secara konvensional sehingga pembelajaran terlihat monoton, siswa kurang senang dalam proses pembelajaran, siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran, belum munculnya kerja sama antar siswa dan berakibat hasil belajar siswa rendah di kelas XI SMAN 1 Padang Sago. Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar Ekonomi di kelas XI SMA N 1 Padang Sago.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Design Static-Group Comparison. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI.IS1 dan XI.IS2 SMAN 1 Padang Sago, yang berjumlah 57 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh yang dilakukan dengan lempar koin. Berdasarkan teknik sampel tersebut, kelas XI.IS1 SMAN 1 Padang Sago, ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IS2 SMAN 1 Padang Sago, sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis.
Hasil uji-t nilai postest kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (2,51 > 2,007) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Ekonomi siswa yang diberi model Student Teams Achievement Division (STAD) dan hasil belajar Ekonomi siswa yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI SMAN 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman.

Kata kunci: Model Student Teams Achievement Division, Konvensional, Hasil Belajar Ekonomi


Ketersediaan

SKRPS001ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STKIP Nasional : STKIP NASIONAL.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this